Hai kali ini kita akan membahas Formula E balapan yang ramah lingkungan yang menggunakan bahan bakar listrik.
Mobil Formula E Gen 1
Apa itu Formula E
Formula E merupakan balapan mobil listrik single seater. Kejuaraan ini dimiliki dan di promosikan oleh Formula E holdings. Kejuaaran ini pertama kali di gagas pada tahun 2011 oleh Jean Todt, balapan pertamanya di lakukan pada Sepetember 2014, di Beijing, Tiongkok.
Meski baru, Formula E kini memasuki musim ketujuh, dimulai di Beijing pada 2014. Selama tujuh tahun, Formula E telah mengalami banyak perubahan. Di musim pertama, semua mobil identik; sasis yang dirancang oleh Spark Racing Technology dengan Dallara sebagai mitra teknisnya adalah desain spesifikasi, seperti baterai yang dirancang oleh Williams Advanced Engineering, girboks Hewland dan McLaren Applied Technology Motor/inverter/ECU.
Semua tim hanya mampu mengubah pengaturan mobil dan mengembangkan perangkat lunak yang mengendalikan powertrain. Untuk musim kedua, powertrain dibuka bagi pabrikan untuk mengembangkan pengaturan motor/inverter/gearbox mereka sendiri. Dari format spesifikasi lengkap, seri ini segera berkembang dalam formula teknis yang beragam, dengan banyak variasi pada format powertrain; tidak semua berhasil, dan beberapa tata letak berlanjut ke musim terakhir formula.
Selama empat musim pertama, kapasitas baterai dan output powertrain membatasi mobil hanya setengah jarak balapan penuh. Oleh karena itu, pengemudi harus menukar ke mobil lain yang identik tetapi terisi penuh di tengah balapan. Meskipun bukan hal yang menarik atau bagus untuk balap mobil listrik, ini adalah suatu keharusan, tetapi akan menjadi hambatan untuk diatasi dengan pengembangan lebih lanjut seiring berjalannya seri. Sejak musim 2020–21, Formula E merupakan seri Kejuaraan Dunia FIA, yang
membuat seri balapan kursi tunggal ini seri pertama selain Formula Satu
yang diberikan status kejuaraan dunia.
Bagaimana Format balapan nya?
Semua event dimulai dengan 2 sesi latihan di pagi hari yaitu sesi pembukaan 45 menit, diikuti sesi berdurasi 30 menit. Pembalap di perbolehkan menggunakan daya penuh pada kualifikasi, yaitu 250 kw(355bhp).
Sesi kualifikasi berlangsung sekitar 1 jam. Para pembalap dibentuk menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 6 orang pada masing masing grup. Per grup diberikan waktu 6 menit untuk mencatatkan waktu terbaik mereka. Daya penuh boleh di gunakan selama kualifikasi. Sejak musim kedua enam pembalap tercepat akan kembali ke trek untuk memperebutkan super pole.
Balapannya memiliki durasi 45 menit. Di empat musim pertama para pembalap harus melakukan pitstop untuk mengganti mobil. Lalu saat mobil Gen 2 muncul, hal ini tidak di perlukan lagi karena mobilnya dapat bertahan sampai akhir balapan dan ban mobil Formula E dirancang untuk bertahan sampai akhir balapan jadi tak memerlukan pitstop untuk mengganti ban, Pitstop biasanya dilakukan untuk mengganti ban yang pecah atau mobil yang memperbaiki badan mobil. Pada balapan daya maksimal dibatasi menjadi 200 kw(268bhp).
Mobil Formula E Gen 2
Sistem poin
Poin diberikan kepada 10 pembalap yang finis menggunakan sistem standar
FIA (25-18-15-12-10-8-6-4-2-1). Pembalap yang berhasil meraih pole position
diberikan 3 poin tambahan, sedangkan pembalap yang mencetak putaran
tercepat (jika finis di 10 besar) mendapatkan satu poin (dua poin di 2
musim pertama).
Fanboost
Formula E memiliki hal menarik yang dimana pada setiap balapan, para penggemar dapat memilih pembalap favorit mereka lewat berbagai kanal media sosial untuk memberikan pembalap daya tambahan. Vote dimulai 6 hari sebelum acara dan ditutup 15 menit setelah acara dimulai. Lima pembalap dengan suara tertinggi mendapatkan daya tambahan yang digunakan pada paruh kedua balapan
Mode serang (Attack mode)
Pada musim kelima, Kejuaraan ini memperkenalkan Attack mode yaitu sistem simana setiap pembalap mendapat tenaga tambahan sekitar 25 kw dengan melalui area yang di desain bukan di jalur balap. Durasi dan jumlah tenaga tambahan yang tersedia ditentukan sesaat sebelum
setiap balapan oleh FIA agar mengantisipasi tim menggunakannya dan
menyatukannya ke strategi balapan.
Semua mode serang harus diaktivasi di akhir balapan, tapi tidak perlu
dihabiskan. Mulai dari musim 6, tenaga tambahan tersebut ditambah
menjadi 35 kW. Jika ada bendera kuning atau Safety car Attack mode tidak boleh diaktifkan. Selain itu, 1 kWh akan dikurangi.
Hai cukup sekian tentang formula e kali ini selanjutnya kita akan membahas mobil formula e kamu dapat dukung miko lo di suport miko
Miko cok
Selasa, 21 September 2021